My Mind
Curhat Sebel Karena Dataku di Komputer Hilang


Kita terkadang gak tahu harus bilang apa-apa kalau saja satu atau sejumlah data yang kita simpan di komputer tiba-tiba saja hilang.

Awalnya adalah panik, kemudian konsentrasi untuk mencari atau mengembalikan data yang hilang tersebut sambil berpikir siapa kira-kira pihak yang telah jahil melakukan tindakan tidak menyenangkan itu, atau memang aku sudah teledor waktu menyimpannya.

Tapi aku yakin, aku memang sudah menyimpannya dengan benar...

Kejadian hilangnya data itu, kemarin malam terjadi padaku. Masalahnya, data yang hilang itu merupakan data penting untuk diriku, bukan orang lain. Kalaupun orang lain mengambilnya, mereka tidak akan mengerti dan tahu apa manfaat dan guna dari data-data itu.

Aku memang memiliki back-up data di komputer yang ada di rumah aku. Tapi data yang  hilang ini, merupakan versi besar dan detail, sehingga kalau aku simpan di komputer rumah, bisa memberatkan loading komputerku.

Mencurigai orang-orang terdekat, that is not my type. Aku percaya pada orang-orang terdekat aku karena mereka juga bisa dipercaya. Aku yakin, ini kerjaan orang iseng yang kerjaannya ingin tahu dengan apa yang aku kerjakan.

Kemungkinan mereka yang menghapus, meng-cut, atau memindahkan data, adalah orang-orang yang tidak mempunyai nilai relevansi karena memang data itu tidak memiliki nilai jual buat mereka.

Iya, aku gak mau menuduh. Tapi satu hal yang pasti, hilangnya data itu membuat aku harus mengingat-ingat kembali bagaimana urut-urutan dan skema data yang sudah pernah aku buat namun kemudian hilang karena ulah iseng seseorang. Begadang sampai pagi agar besoknya sudah bisa di update dengan data lain yang masih sempat terselamatkan.

Masalahnya, kalau sudah selesai, data yang kemudian menjadi laporan kerja itu, harus aku kirim ke orang lain.

Keselll... Keseeelllll...
Labels: | edit post
3 Responses

  1. da coba pake software untuk restore data yg hilang blom pra? bisa coba get data back, or Restoration 2.5.14 dll


  2. Kayaknya bukan di delete, tapi di cut, jadi meskipun pakai get back data, tidak akan ketemu.


Post a Comment