My Mind
Terkadang, melakukan sesuatu dengan dilandasi sikap tulus, harus menghadapi tantangan atau cibiran dari orang lain. Apalagi kalau pelaku tindakan yang dilandasi sikap tulus tersebut, adalah seseorang yang sama sekali tidak terkait dengan sebuah peristiwa atau keadaan yang akan berlangsung kemudian.

Sesuatu yang dilandasi sikap tulus, adalah sebuah perbuatan yang pada dasarnya tidak mengharapkan adanya tindakan balas jasa atau ucapan terima kasih. 

Pada dasarnya, melakukan sesuatu dengan sikap tulus adalah perbuatan yang dilandasi oleh adanya kasih didalam hati dan diri kita, dimana sikap tersebut merupakan bagian dari kepribadian manusia, yang menjadi cerminan hidup, bahwa dalam melakukan sesuatu kepada orang lain, kita tidak harus mengharapkan adanya imbalan apapun dari orang lain tersebut. Bahkan, tidak berharap ada pujian.

Kita juga tidak harus mempublikasikan/menyatakansecara terbuka kepada orang lain atau kepada pihak-pihak yang akan menerima adanya perbuatan tulus yang akan kita lakukan, karena memang, sebuah ketulusan sikap tidak harus ditandai oleh adanya sebuah pernyataan yang ingin menunjukkan sebuah keinginan untuk berbuat baik.

Oleh karena itu, banyak perbuatan yang dilandasi oleh sikap tulus tidak harus diketahui atau didiskusikan terlebih dahulu dengan orang lain, apalagi oleh pihak-pihak yang akan merasakan perbuatan tulus yang kita lakukan. 

Berbuat tulus berarti juga melakukan sesuatu hal tanpa ada rasa terpaksa atau merasa dipaksa. Dalam hal ini, sebentuk tindakan yang dilandasi oleh adanya keinginan atau inisiatif pribadi, merupakan salah satu ciri seseorang yang melakukan suatu perbuatan yang dilandasi oleh ketulusan sikap.

Tulisan ini mungkin belum lengkap membahas berbagai hal yang berkaitan dengan perbuatan yang dilandasi oleh sikap tulus. Namun, tanpa dibahas panjang lebar, keinginan berbuat sesuatu dengan tulus, sudah selayaknya ada didalam hati dan benak pikiran kita.

Tanpa terkecuali, semua orang di muka bumi ini, dapat melakukan sesuatu dengan dilandasi sikap tulus. Bagaimana denganmu, apakah sudah melakukannya? 

Apapun bentuknya, lakukan perbuatan tulus kepada sesama tanpa memandang atau memikirkan adanya sebuah imbalan atau pujian atas tindakan tulus yang kita lakukan kepada orang lain. Kepuasan sejati akan kita rasakan pada saat perbuatan tulus yang kita lakukan dapat membahagiakan orang lain, dapat membuat suatu keadaan rumit menjadi lebih baik, dan suatu kegiatan dapat terlaksana seperti yang diinginkan.

Biarkan orang lain berprasangka atau berpikir lain atas segenap tindakan tulus yang kita lakukan. Mantapkan langkah dan keinginan hati untuk melakukan segala sesuatunya dengan tulus.

Salam damai,


.Sarlen Julfree Manurung
0 Responses

Post a Comment