My Mind
CANTIK SELAMANYA

Perempuan memang suka dibilang cantik. Itu natural. Namun Dian Manginta, pemilik blog
http://cantik40s.blogsopt.com menjadikan topik ini menarik, mendalam, penulis alasan, mendalam.

Ia menuliskan judul blognya Cantik Selamanya. Dari judulnya, orang bisa menebak bahwa isinya mengajak perempuan berupaya memelihara kecantikannya. Bahwa "inner beauty" itu sangat penting. Sampai di sini, belum ada hal yang baru.

Namun, ada yang menarik. Dian Manginta juga menarik pembacanya ke wilayah yang baru, buat beberapa orang akan terkesan mengejutkan, belum terpikirkan.

Dalam topik kecantikan atau kebagusan fisik, Dian Manginta menggeret kita untuk mendiskusikan hal-hal yang bisa diterima begitu saja, "taken for granted".

Sebut saja mengenai persepsi perempuan terhadap lelaki yang tampan. Suatu isu yang jarang dikemukakan, namun dibahas oleh Dian Manginta dalam dua bagian tulisan. Masing-masing agaknya ditujukkan kepada perempuan terlebih dahulu, baru kepada lelaki.

Kepada para perempuan, Dian mengajak untuk berhenti berpikir bahwa lelaki tampan cuma hanya akan menyalahgunakan kelebihannya untuk melecehkan kaum hawa. Perempuan diajak untuk menikmati fakta bahwa kaum lelaki punya keunikan, menjadi bertambah tampan saat usia dan jiwanya kian menjadi
matang. Tentu saja publik tahu ini adalah kontribusi perempuan.

Dari sini, mungkin kita jadi teringat tentang kasus-kasus para pejabat yang selingkuh, seakan mengobral nilai lebihnya hanya untuk kematangan duniawi. Dian justru mengajak para perempuan untuk tidak mengadopsi cara berpikir alergis seperti itu, demi untuk bisa membangun komitmen positif.

Namun bagi laki-laki, jangan gede rasa dulu. Dian Manginta melemparkan fakta penelitian psikologi mutakhir bahwa memang Kaum Adam yang memiliki daya tarik lebih tinggi justru akan menjadi pasangan kurang menjanjikan.

Dan dengan demikian, Dian menaruh harga lebih tinggi bagi kaum lelaki untuk bisa menunjuk dirinya punya manfaat lebih dari suatu kemitraan yang sedang dibangun.

Tanggungjawab yang diambil Dian Manginta cukup tinggi. Di samping menggunakan bahasa yang mudah dicerna dan lentur sesuai zaman, Dian Manginta juga menyisikan waktu untuk menguraikan berbagai referensi pengayaan kepada para pembacanya melalui situs facebook Cantik Selamanya (http://www.facebook.com/pages/Cantik-Selamanya/54526851698).

Dian Manginta memang beruntung, selain cantik, berpendidikan baik - pernah menuntut ilmu psikologi di Universitas Indonesia - juga sekarang bekerja sebagai "Senior Communication Specialist" di sebuah perusahaan multinasional di bidang energi.

Mudah-mudahan semua perempuan "biasa" Indonesia bisa jadi luar biasa seperti dirinya.
Labels: | edit post
1 Response

Post a Comment