My Mind
CIBFEST 2008, Membangkitkan Semangat Untuk Bersaksi



Sudah hampir tiga bulan lamanya, jawaban.com menggelar sebuah acara menarik dan penuh tantangan. Apabila memperhatikan bentuk kegiatannya, dapat dikatakan kalau acara ini baru pertama kali diadakan di Indonesia.

Adapun nama acara itu adalah Christian Blogger Festival 2008, atau disingkat dengan nama CIBFEST 2008.

CIBFEST adalah sebuah acara berbentuk perlombaan, dimana pesertanya adalah para blogger yang aktif menuliskan kesaksian tentang Kekristenan dengan memanfaatkan media internet, yang dituliskan didalam blog pribadi maupun didalam website pribadi atau organisasi dari peserta CIBFEST.

Pihak jawaban.com nampaknya juga ingin menumbuhkan minat serta keinginan besar dari para blogger Kristen lainnya, yang selama ini belum berani atau belum siap untuk menyatakan kebesaran kasih Yesus Kristus sebagai sebuah kesaksian hidup, sehingga diharapkan, dalam waktu relatif singkat, CIBFEST mampu mendorong peningkatan jumlah aktifis blogger yang selalu bergairah untuk menyampaikan Firman Tuhan.

Kebesaran nama jawaban.com, rupanya mampu mengundang animo besar dari aktifis blogger Kristen untuk menjadi peserta dalam acara ini. Berdasarkan daftar nominator yang ada, sudah tercatat raturan blogger yang menyertakan blog-blog pribadi maupun blog organisasinya untuk berpartisipasi dalam acara CIBFEST 2008 ini.

Terus bertambahnya jumlah blogger yang ingin ambil bagian dalam acara ini, bahkan  masih berlangsung hingga kini, meskipun waktu pelaksanaan CIBFEST 2008, sudah mendekati tanggal penutupan, yaitu pada tanggal 8 Agustus 2008 yang akan datang.

Dalam hal ini, salah satu tujuan penyelenggaraan CIBFEST 2008, yaitu agar semakin banyak pribadi-pribadi yang bersaksi, menyampaikan kebenaran didalam kasih Yesus, menjadi garam dan terang dunia, telah terpenuhi.

Besar pula harapan, banyaknya kesaksian yang disampaikan oleh para blogger yang menjadi peserta CIBFEST, kelak mampu memunculkan pribadi-pribadi yang bertobat, yang mengaku, yakin serta percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan, Juruselamat dan manusia, dapat tercapai.

CIBFEST memang bukan sekedar lomba, karena didalamnya menghadirkan idealisme sikap, bahwa sesungguhnya, kebesaran kuat kuasa kasih Yesus Kristus serta adanya hadirat Allah yang melingkupi kehidupan manusia, adalah nyata dan dapat dirasakan.

Ratusan atau bahkan mungkin ribuan kesaksian yang dituliskan para blogger, banyak membawa berkat-berkat dan nilai-nilai Kekristenan, yang kesemuanya itu, selain bisa menambah wawasan dan pengetahuan akan Firman Tuhan kepada para pembacanya, namun juga dapat menghadirkan kesatuan serta persatuan antara orang-orang Kristen, terutama jalinan komunikatif diantara blogger-blogger peserta CIBFEST 2008.

Menjadi peserta CIBFEST 2008, tidaklah sulit. Para blogger cukup mengisi formulir pendaftaran yang dapat ditemukan atau diakses pada kolom CIBFEST 2008 yang ada didalam website jawaban.com. Hal yang tersulit dari mengikuti acara ini adalah upaya untuk menjadi pemenangnya.

Sebagai sebuah perlombaan, CIBFEST mensyaratkan kepada para pesertanya, apabila ingin menjadi pemenang serta mendapatkan hadiah berupa Ipod Touch, mereka harus mendapatkan dukungan sebanyak-banyaknya melalui voting. Hadiah yang disiapkan panitia penyelenggara, memang cukup menarik untuk didapatkan.

Dalam CIBFEST, faktor kemenangan ditentukan oleh 2 hal : ditetapkan oleh dewan juri yang telah ditunjuk panitia pelaksana, serta sebagai blog favorit, yang didasarkan pada banyaknya dukungan yang masuk.

Keputusan pemenang yang ditetapkan oleh dewan juri, merupakan hasil pilihan dari anggota dewan juri. Sedangkan untuk blog favorit, adalah hasil voting yang diberikan berbagai pihak, yang memasukkan nama serta alamat e-mail pada kolom voting yang disediakan panitia, sebagai tanda mendukung blogger yang disukainya.

Bisa dibilang, dua bentuk kemenangan tersebut, memiliki nilai gengsi yang berbeda. Dipilihnya blog sebagai pemenang oleh anggota dewan juri yang sangat representatif pada bidangnya, tentu memiliki kebanggaan tersendiri. Namun, kemenangan melalui metode voting, juga bukanlah sesuatu hal yang mudah, karena dilakukan selama lebih dari 3 bulan lamanya.

Cukup sulit rasanya untuk merayu orang lain agar mau secara konsisten memberikan dukungan dalam tempo tenggang waktu yang lama. Oleh karena itu, kemenangan dari seorang blogger melalui voting agar terpilih menjadi yang terfavorit, memiliki bentuk kebanggaan yang tersendiri pula.

Sejauh ini, apresiasi dukungan dalam bentuk voting, sangatlah baik. Berdasarkan info yang diberikan pihak panitia, hingga Minggu pertama di bulan Juli ini, adapun jumlah voting yang masuk sudah mencapai angka 7000 suara. Apabila dilakukan perhitungan selama 60 hari, maka dalam 1 hari, ada 117 suara voting yang masuk. Cukup banyak.

Memperhatikan jumlah voting yang sedemikian banyak itu, menandakan kalau acara CIBFEST, mendapat apresiasi yang baik dari banyak pihak.

Jadi, tidaklah salah kalau dikatakan, meskipun CIBFEST belum sampai kepada hari pengumuman, acara ini bisa dikatakan sukses serta berhasil membangun komunitas masyarakat yang perduli akan adanya kesaksian tentang kebesaran kasih Allah kepada manusia, dalam lingkup yang lebih luas dan berkembang.  

Animo masyarakat Kristen akan pekabaran Firman Tuhan, tanpa kita sadari, ternyata sangatlah besar. Tidak sedikit tulisan yang dibuat para blogger, mendapat tanggapan atau komentar yang menarik serta menunjukkan kalau para pembacanya, benar-benar memperhatikan apa yang ditulis oleh sang blogger.

Ini adalah sebuah fakta yang menarik, mengingat berbagai kesenangan dan gemerlap kehidupan yang ditawarkan dunia ini, bisa menggoda iman anak-anak Tuhan.

Cukup melimpahnya jumlah peserta yang bergabung dalam kegiatan CIBFEST 2008 dan partisipasi warga masyarakat untuk terlibat dalam voting, menunjukkan kalau :
1.    Website jawaban.com, memang memiliki banyak pemerhati.
2.    Banyak pribadi atau komunitas masyarakat Kristen di Indonesia, yang perduli dan memiliki sumber informasi sangat lengkap mengenai wawasan serta pengetahuan mengenai Kekristenan.
3.    Masih banyak jiwa-jiwa yang memiliki kerinduan untuk hidup melayani di ladang Kristus.
4.    Acara semacam CIBFEST ini, patut untuk dikembangkan serta diperbanyak, baik dalam skala jumlah pihak-pihak yang melaksanakan, maupun dalam format acara yang lebih variatif.

Kita sepatutnya berterima kasih kepada jawaban.com karena telah menjadi pioneer, yang memprakarsai adanya suatu kegiatan, yang bisa mengembangkan semangat para blogger untuk menyampaikan kabar keselamatan yang ada dan nyata didalam Kristus, serta mampu menginspirasi pribadi lepas pribadi, untuk aktif bersaksi atau menulis kesaksian akan isi Firman Tuhan serta aktifitas dari orang-orang Kristen di Indonesia, bahkan sampai ke penjuru dunia.

Acara ini benar-benar membawa berkat, tidak hanya bagi para peserta, tapi juga bagi para pembaca blog atau website dari para peserta.

By the way, ada sejumlah kekurangan dari acara ini :
1.    Promosi dan sponsorship. Nampaknya kurang dilakukan oleh pihak panitia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya peserta yang baru mendaftarkan diri, padahal acara CIBFEST akan ditutup pada tanggal 8 Agustus 2008 nanti.

Sedangkan dari segi sponsorship, sejumlah rekan saya mengatakan, hadiah yang disediakan oleh pihak panitia, belumlah sebanding dengan lamanya waktu untuk merayu serta mencarikan sebanyaknya mungkin dukungan dari orang-orang agar bersedia memvoting.

Patut pula untuk diingat, tidak semua peserta yang memiliki akses internet pribadi atau memanfaatkan akses internet di kantor.

Well, kita gak tahu toh, apa saja motivasi seseorang mengikuti lomba. Pada sisi yang lain, kita harus tetap menghargai usaha dan kerja keras seseorang, right?

2.    Sulitnya mencari nama nominator, sehingga menyulitkan pula bagi orang-orang yang ingin memberikan dukungan voting. Bahkan pada beberapa kondisi, untuk bisa masuk ke dalam situs jawaban.com, tidaklah mudah.

3.    Lamanya masa kegiatan. Kegiatan yang berlangsung cukup lama (sekitar 3 bulan), berpengaruh kesiapan seseorang untuk menampilkan kesaksian atau mendapatkan jumlah dukungan yang memadai secara stabil.

Hal ini terkait pada, tidak semua orang itu dapat dengan mudah mengekspresikan apa yang diinginkannya melalui tulisan. Jadi, konsentrasi untuk mengejar waktu, membuat kualitas sejumlah tulisan, terkadang, tidak sesuai dengan harapan.

Beberapa kelemahan tersebut, tentu berpengaruh pada besaran partisipasi dari banyak pihak yang ingin terlibat dalam acara CIBFEST 2008 ini. Terutama pada faktor akses. Kesulitan seseorang mengakses website jawaban.com, secara langsung maupun tidak langsung, dapat berdampak pada kurangnya tingkat partisipasi masyarakat. Mungkin hal ini bisa dilihat dari grafik jumlah voting yang diterima para peserta.

Well, sejumlah kelemahan tersebut, sebaiknya tidak mengurangi besarnya semangat pihak jawaban.com dan panitia pelaksana kegiatan CIBFEST untuk terus mengadakan kegiatan yang dapat memacu kehidupan untuk aktif bersaksi dari orang-orang Kristen di Indonesia.
.
 Hidup yang bersaksi akan kebenaran dan kebesaran nama Yesus, memang harus terus ditumbuh-kembangkan, mengingat keinginan untuk menjalankan misi Amanat Agung adalah sesuatu hal yang terus-menerus ditumbuh-kembangkan dan menjadi bagian di dalam diri orang-orang Kristen di Indonesia.

Thanks jawaban.com, you make our life, more alive…


God Bless You everybody.



.Sarlen Julfree Manurung
1 Response
  1. Dan Iky Says:

    iya susah kalo mo nyari web nominatornya .. gak ada tool search or groupingnya yah..jadi kalo mau nyari blog tertentu mesti scrolling up-down.. hehehe

    btw.. congratz, masuk 10 besar yah ?:D


Post a Comment