My Mind
LAHIR BARU

Yesus menjawab, kata-Nya:
"Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."
(Yohanes 3 : 3)


Bagi orang-orang yang belum merasakan indahnya kasih Yesus Kristus, ungkapan lahir baru, mungkin sulit untuk bisa mereka mengerti atau cerna dengan mudah dan baik, karena mereka cenderung menggunakan kekuatan logika atau imajinasi pikiran mereka semata, untuk memahami makna yang terkandung dalam pernyataan bahwa "seseorang telah mengalami lahir baru."

Dalam hal ini, kondisi seseorang yang mengalami lahir baru merupakan sebuah kondisi yang terjadi didalam diri anak-anak Tuhan, yang telah mengaku serta percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat manusia.

Sekedar mengaku serta percaya saja, tidaklah cukup, karena prinsip keimanan yang dijalani didalam Yesus Kristus, menghendaki agar kita, anak-anakNya, untuk hidup sebagaimana layaknya anak-anak Tuhan yang telah mengalami lahir baru.

Hidup lahir baru, memang merupakan sebuah kondisi perilaku seseorang, yang telah merubah cara, pola, dan gaya hidupnya, dengan tidak lagi melakukan serta mengingat-ingat perbuatan dosa, karena dirinya ingin menjalani prinsip iman dengan benar dan sungguh-sungguh, serta sesuai dengan kehendak ALLAH.

Perubahan cara, pola, dan gaya hidup itu, tidak terjadi dengan sendirinya karena memang tidak mudah merubah sebuah kebiasaan yang selama ini dilakukan menjadi sebuah kebiasaan baru yang belum pernah dijalani dengan sepenuh hati, sebelumnya.

Dorongan kuat dari dalam diri seseorang yang ingin menjalani lahir baru, akan terlaksana apabila anak-anak Tuhan memohon pertolongan Roh Kudus, sebab kehidupan seseorang yang lahir baru, terjadi karena Roh Kudus bekerja dan menaungi jalan kehidupan baru yang ingin kita jalani.

Oleh sebab itu, sebuah kerinduan agar setiap langkah kehidupan kita berada dalam naungan kuat kuasa pertolongan Roh Kudus, harus selalu menjadi bagian yang tak pernah hilang dari hati dan benak pikiran kita.

Firman Tuhan sendiri mencatatkan nama Zakheus sebagai salah seorang tokoh Alkitab yang telah mengalami lahir baru. Mungkin, bisa disebutkan pula nama Rasul Paulus sebagai bagian dari nama-nama yang ada didalam Firman Tuhan, yang juga mengalami lahir baru.

Lalu, bagaimanakah isi dari Firman Tuhan yang menyatakan tentang bagaimana seharusnya kehidupan setiap anak-anak Tuhan yang selayaknya telah mengalami lahir baru?

Kitab dalam Yohanes 3 tersebut, berisikan pertemuan seorang pria anggota Sanhedrin datang kepada Tuhan Yesus. Pria tersebut adalah seorang guru Yahudi bernama Nikodemus. Nikodemus sendiri memanggil Yesus sebagai Guru. Dalam hal ini, ada Seorang Guru yang berasal dari Sorga dan seorang lagi seorang guru yang berasal dari Yahudi.

Nikodemus mengakui Tuhan Yesus sebagai Guru yang diutus oleh Allah, sedangkan Nikodemus sendiri menyandang gelar guru karena belajar. Nikodemus kagum melihat tanda-tanda ajaib yang telah ditunjukkan Tuhan Yesus.

Kepada Nikodemus, Tuhan Yesus menyatakan : "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."

Guru Yahudi itu tidak mengerti dengan maksud pernyataan Tuhan Yesus tersebut. Pikirnya, mana mungkin seorang dilahirkan kembali kalau ia sudah tua. Dalam hal ini, Nikodemus menggunakan akal kekuatan pikirannya sendiri untuk memahami pernyataan yang telah dinyatakan oleh Tuhan Yesus.

Selanjutnya Tuhan Yesus menambahkan, jika seseorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Sekali lagi, Nikodemus bertambah bingung dengan pernyataan Tuhan Yesus, sebab segala sesuatu yang dipelajarinya selama ini tidak dapat mencerna pernyataan yang diungkapkan Tuhan Yesus kepadanya.

Air disini berkaitan dengan baptisan kudus, bahwa tabiat lama manusia yang sudah tercemar oleh dosa, membuat manusia buta dan tuli terhadap Firman Tuhan serta kebenarannya. Oleh karena dosa-dosanya, manusia harus mati dan masuk kedalam maut.

Akan tetapi, oleh karena anugerah Allah, manusia itu tidak mati selama-lamanya, namun kini memasuki hidup baru. Roh Kudus yang ada dalam diri manusia, merupakan Pribadi yang membantu dan mengarahkan kehidupan manusia agar beroleh keselamatan.

Air merupakan sebuah tanda dan meterai. Roh itulah yang mematikan hidup yang lama dan menimbulkan hidup baru kepada manusia, khususnya didalam diri pribadi lepas pribadi manusia yang menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi mereka.

Lahir baru meliputi peralihan dari hidup lama yang penuh dengan dosa menuju kehidupan baru yang taat kepada Kristus, meninggalkan kehidupan daging dan menjadi serupa dengan Allah.

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
(II Korintus 5 : 17)

Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;
(Kolose 3 : 9 - 10)

Orang yang telah dilahirkan kembali telah dibebaskan dari segala ikatan dosa dan menjadi warga yang merdeka, penuh kasih terhadap sesama manusia, lahir dari Allah dan mengenal Allah dengan baik.

Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.
(Yohanes 8 : 36)

Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.
(I Yohanes 4 : 7)

Orang yang telah mengalami lahir baru akan menjauhi dosa dan tidak akan mau menjadi serupa dengan dunia ini.

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
(Roma 12 : 2)

Manusia yang telah lahir baru akan mampu tampil beda dengan dunia ini, dirinya akan mampu mempengaruhi lingkungan disekelilingnya, dan bukan sebaliknya, terpengaruh oleh lingkungan yang ada disekelilingnya.

Apapun yang dikatakan orang-orang dursila dan yang mengikuti cara-cara dunia ini bertindak, akan tetap menunjukkan bahwa mereka adalah anak-anak Iblis.

Karena itu setiap orang yang tetap berada di dalam Dia, tidak berbuat dosa lagi; setiap orang yang tetap berbuat dosa, tidak melihat dan tidak mengenal Dia.
Anak-anakku, janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar ;
barangsiapa yang tetap berbuat dosa, berasal dari Iblis, sebab Iblis berbuat dosa dari mulanya. Untuk inilah Anak Allah menyatakan diri-Nya, yaitu supaya Ia membinasakan perbuatan-perbuatan Iblis itu.
Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah.
Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya.
(I Yohanes 3 : 6 - 10)

Orang yang lahir baru adalah orang yang sama namun dengan karakter yang berbeda dari karakter manusia yang lama. Firman Tuhan yang tercantum dalam I Yohanes 3 : 9 mengatakan : "Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi: sebab benih Illahi tetap ada didalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah."

Orang yang tidak berbuat sesuatu yang dilandasi oleh kebenaran Firman Tuhan dan tidak mengasihi saudara-saudaranya, bukanlah bagian dari anak-anak Tuhan melainkan anak-anak Iblis. Sebelum kelahiran baru, dosa mengendalikan manusia sehingga ia memberontak kepada Allah, Yang Empunya kehidupan.

Oleh sebab itu, orang yang telah lahir baru akan berjalan menurut Roh, hidup didalam Roh, dan dipimpin oleh Roh.

Sekarang, Allah menantang : "APAKAH ANDA BERANI mengambil langkah terbesar dalam kehidupan Anda, yaitu : LAHIR BARU?"


Merry Christmas everybody...


Tuhan Yesus memberkati kita semua.



.Sarlen Julfree Manurung


Note :
Bahan utama diambil dari khotbah Pdt. L. Barasa, STh untuk menyambut perayaan Natal Pemuda Gereja HKBP Resort Pondok Kelapa - Jakarta Timur, pada tahun 2004. Dibuat kembali dengan judul yang sama, namun dengan konsepsi dan gaya bahasa yang berbeda.
Labels: | edit post
3 Responses
  1. Francy SiSKA Says:

    terimakasih banyak, akan saya bagikan ke teman2 yg belum mengetahui ttg Lahir Baru
    semoga bisa jadi berkat buat mereka...

    MERRY CHRISTMAS..."Happy Birthday Lord JESUS, i love You!!!" ^_^


  2. Silahkan untuk diteruskan dan disampaikan kepada banyak orang tentang kabar keselamatan yang ada dan nyata didalam Yesus Kristus, Tuhan kita, agar mereka juga mengalami kehidupan lahir baru.

    Merry Christmas too... GBU

    .Sarlen Julfree Manurung


  3. nane doct Says:

    Merry Christmas, GBU and family

    ^_~


Post a Comment