My Mind
Beberapa minggu lalu gue jalan2 ke MM n ternyata disana lagi ada pameran laptop/komputer gitu... tergodalah gue untuk membeli (menyicil) laptop baru..
liat punya liat, akhirnya gue memutuskan untuk mengambil di salah satu toko yang ada di pameran tersebut dengan sebelumnya bertanya type yang mana yang tersedia, dan setelah di info yang tersedia adalah type itu, maka kupilihlah type itu di aplikasi cicilan gue....
gue sih sebenernya gak ngarep banget ini aplikasi cicilan di approve karena gue di rumah itu gak ada teepon rumah.. dan pengalaman gue aply cicilan, mereka maunya ada telepon rumah... tetapi n ternyata, setelah surveyor nya datang ke rumah gue, 2 hari kemuadian gue di sms bahwa aplikasi gue di terima n silahkan menghubungi toko anda...
yihaaa..yihaaaa... gue loncat-loncat dung..
assik..pikir gue.. gue punya laptop BRAND NEW, not the 2nd one as i have right now... karena kondisi memory laptop gue yang lama ini udah gak OK banget yang menyebabkan gue harus sering2 restart ini laptop ketika gue sedang mempergunakannya...
dan tentunya, dengan semangat 2008, gue telepon lah toko ini dan berkata-katalah gue dengan sales yang waktu itu melayani gue.. gue tanya barang nya ada khan... dan dia bilang ada,  dia tanya mau dianter kemana, gue jawab ke kantor... dia bilang OK ke kantor akan diantar keesokan hari sebelum jam 5...
kenapa mesti ke kantor..karena, 1. gue gak ngerti yang begini2an jadi gue akan minta tolong orang IT gue buat cek keabsahan laptop yang akan diantar nanti, 2.pada hari pengantaran itu gue latihan paduan suara yang menyebabkan gue akan tiba di rumah paling cepat jam 12malam... dan kesepakan sudah terjadi, laptop akan diantar ke kantor sebelum jam 5..
sebelum gue isi aplikasi, gue udah tanya, klo yang type gue pilih pake XP or VISTA, dia bilang VISTA, gue tanya bisa di ganti XP gak, dia bilang BISA, ya udah gue makesura bahwa bisa di ganti XP, maka gue lagi2 menekankan bahwa gue maunya XP, karena gue ogah pake VISTA (gak familiar gitu.. males adaptasi lagi)

keesokan pagi harinya, gue telepon lagi toko itu menanyakan kabar laptop aku, dia bilang katanya barangnya lagi diambil di depok...(waktu pada saat itu menunjukan pukul 10agi), gue tanya lagi, orangnya itu udah jalan ato masih di toko... dia bilang udah jalan... tapi kemudian dia nanya lagi...
"mbak ira, klo jam 5 gak bisa nyampe kantor mbak Ira gimana"
"lha, orangnya udah jalan khan..."
"iya udah.."
"yah pasti nyampe lah...2 jam perjalanan ke depok..2 jam perjalana ke sudirman.."
"ohh...ya udah"" ..kata dia

tunggu punya tunggu, jam 3 kok belum tiba ya...jam 3.30...jam 4....
gue teleponlah toko itu lagi, gue tanya keberadaan sang mesenger...
gue di kasih jawaban GAK TAU MBAK..HP NYA GAK BISA DI HUBUNGI...
lha..gimana sih ini.... gue bilang pokoknya gue tetetp tunggu di kantor....
dan benarlah..jam 5 tiada satu orangpun yang tiba di kantor gue membawa laptop itu

gue sms ke HP sang sales..delivered, but no answer...
gue telepon ke HP esianya, mailbox
gue telepon ke HP im3 nya....gak diangkat
gue telepon ke toko, di oper-oper, akhirnya bagian pengiriman yang ngomong... gue tanya bagaimana kabarnya...dia bilang mo cek dulu ke mesengernya dan nanti akan telepon gue...
gue tunggu 1/2 jam gak ada kabar...
gue telepon lagi tokonya..gue tanya..gak ada yang bisa kasih gue jawaban yang pasti dengan alasan HP mesengernya gak bisa di hubungi, gue malahan di marahin kenapa cuman nunggu ampe jam 5... LHAAAAAA.... ini aja jam 5.30 gue masih di kantor kok....
trus gue minta no HP mesengernya.... gue telepon...voalaaaa.. langsung nyambung tuh, gue tanya dimana dia..dengan nyantainya dia bilang..UDAH MAU NYAMPE RUMAH BU IRA... hah..RUMAH... yah marah2 lah gue.. lhan wong dari awal jelas2 gue minta dianter ke kantor, kenapa jadi kerumah..

gue telepon lagi tokonya, minta penjelasan, ehh..lagi2 gue di marahin...
"lha, mbak Ira khan bilangnya cuman nunggu ampe jam 5, jadi karena sudah lewat jam 5, kami kirim ke rumah.."
omg..gila kali ya...sinting dasarrr... kok jadi gue yang dimarahin, tapi bukan Ira namanya klo gak ngomel balik...
"mbak, saya ini khan kostumer, mbak ini khan vendor..harusnya INFO dong kalau memang ada oerubahan jalur pengantaran... tadi saya tanya kabar mesengernya dimana di jawab gak tau, sekarang jawabanny ada inisiatif ngater ke rumah, berarti khan dari tadi mbak kontak2an dong dengan mesenger mbak..."
ehh tuh mbak malahan semakin mara.. "ya sekarang mbak Ira maunya apa''
gue jawab "gue maunya dianter ke kantor saya sekarang"
"gak bisa mbak.. bisanya kerumah"
"saya pulang malam mbakk.."
"Ok gak masalah, akan kami tunggu"
"oh gitu..yakin mau nunggu"
"iya..."
"oh OK, saya pulang jam 12..tunggu ya..."
"OK..." brakkk....
anjriit telepon gue di banting ama tuh mbak..bajingan tengik...

gue telepon ke mesengernya setelah menunggu sekitar 10menit, dengan alesan, memberikan waktu kepada tuh mbak2 untuk berkomunikasi dengan mesengernya...
telepon nyambung...
"mas, jadi nganter kerumah saya ya.."
"iya mbak"
"saya pulang malam ya"
"iya mbak, tapi jam berapa"
"jam 12"
tuh mas diem sejenak.."oh..nanti saya telepon lagi deh mbak..."

ya udah gue tutup tuh telepon...

tapi temen gue Anton bilang, kasian lho mbak, klo di suruh tunggu jam segitu.. dia khan cuman mesenger...

hmm.. ya juga ya... ya udah akhirnya piki2, cari solusi, gue suruhlah itu mesenger nganter ke rumah cowok gue, yang jaraknya hanya 15menit dari rumah gue...

yup...udah ketemuan, cek n ricek laptop... ternyata programnya VISTA.. kembali gue marah2. khan dari awal gue minta XP bukan VISTA.... kembali bersilat lidah...

OK sepakat gue ambil juga itu laptop...

(pembicaraan silat lidah ini gue lakukan sambil mengendarai motor ke tempat latihan, by HP, antara gue, cowok gue dan sang mesenger, serta bosnya tuh mesenger)

sepulang latihan, gue mampir ke tempat cowok gue untu ambil itu laptop... dan ternyata di informasikan oleh adiknya co gue klo itu laptop udah di pergunakan sejak beberapa hari yang lalu sebelum dianter ke gue.. dilihat dari ada berbagaimacam file (foto dan lagu) yang ada di hardisk nya yang gue lihat tanggal modified nya udah seminggu yang lalu dari hari cowok gue terima laptop itu.. dan ada beberapa ciri lagi yang di ketahui oleh adiknya cowok gue kalau laptop itu sudah di aktifkan sejak beberapa minggu lalu...

damn...gue gak terimalah...
i want the brand new...
kalau seminggu yang lalu aja ada di masukan file2 foto dan lagu, mana gue tahu 2 minggu lalu pernah di pake browsing2 kemana dan entah virus apa yang udah mngendap di laptop itu...

besoknya gue sms si sales, gue bilang gue gak mau terima itu barang...

sang sales tetep ngotot kalo itu barang baru, walopun memang diambil dari depok notabene gue ketahui dari sales itu bahwa di depok itu mereka juga lagi pameran... lhaaa, berarti laptop gue barang display dung... sales bilang bukan... karena kalo di toko dia barang display itu milik masing2 sales....YAAAAAAAAHHHHH GAK MUNGKINLAAAAHHHH.. emang gue bego apa.... mana ada toko yang mewajibkan sang sales mendisplay laptop pribadinya... (emang gitu ya..setau gue sih nggak)

pokoknya gue tetep ngotot gak mau terima itu laptop...

gak lama sang PEMILIK toko menelpon gue, dia malahan marah2in gue, bilang gue apain tuh sales ampe nangis.. LHAAAA..kok bisa ya gue dimarahin...
gue bilang gue mau laptop baru, bukan yang udah di pake berminggu-minggu.. sang pemilik tetep ngotot itu baru.. gue tetep ngotot itu bukan baru...
akhirnya gue bilang.,.OK bu, saya gak ambil ini laptop, saya mau yang baru...
dia bilang yang type ini udah gak ada lagi yang baru..
gue bilang, tolong cariin saya yang spec nya sama, nmerek apa aja OK atau type apa aja fina gak msalah, yang penting BARU... bahkan gue bilang kalo harganya lebih mahal, gue akan tambah di DP..
dia bilang di toko nya udah TIDAK ADA BARANG BARU...
oh my..oh my..gila kali ya ini pemilik toko...
yah, karena dia udah bersikap gila, gue juga gila2an lah.. gue bilang aja, gue gak akan balikin ini laptop dan juga gak akan bayar cicilan...
sang pemilik bilang akan nyamperin gue bawa POLISI dan menutup telepon gue begitu ajah...

yaelaaaahhhhhh.....gue kriminal gini, di takut2in kayak gitu, ya gak mempan....

1jam kemuadian tuh mesenger bersama entah siapa yang pasti bukan polisi dateng ke kantor gue, minta laptop nya bali, gue bilang ada di rumah cowok gue (hehehehe..boong dikit), trus gimana kata mesenger, ya udah ambil aja kesini besok...
trus tuh mesenger bilang, JANGAN ADA YANG DI ILANGIN YA MBAK
gue jawab aja, GUE BUKAN PENIPU KAYAK KALIAN...gue tinggal masuk....

yah jadilah keesokan harinya itu laptop gue kembalikan...

sementara laptop gue yang jadul udah laku terjual...

jadilah gue gak ada laptop...sayang kali fastnet gue....


gue menyayangkan aja service dan cara berkomunikasi dari toko ini...
1. mengenai pengantaran yang tidak memberikan konfirmasi apa2 ke gue
2. gue di kasih laptop yang udah di pergunakan dari seminggu (ato mungkin lebih) sebelum tiba di tangan gue
3. gue minta XP malah di kasih VISTA
4. gue minta ganti type/merk gak di kasih
5. gue mau ganti toko, tuh toko nolak....
6. selama berkomunikasi melalui telepon, gue selalu di oper2 tanpa pemberitahuan, maksudnya, tiba2 aja tuh telepon berpindah orang tanpa terlebih dahulu bialng, maaf ya mbak, saya sambungkan kepada si anu..gitu.. bener2 gak sopan
7. kok malahan gue yang di marah-marahin ya...
8. gue nunggu POLISI yang dia janjikan kok gak ada ya, sapa tau aja ganteng gitu, khan lumayan...


jadilah sekarang gue apply baru untuk cicilan...

or belu cash setelah menerima THR natalan...

sementara ini...ya ngenet dari warnet or kantor deh...


kira2 fastnet bisa break dulu gak ya..sayang euy... or ada yang mo minjemin gue laptop...





tetap semangat!!!!!
IRA

 

 

====

yup..karena pada request....

 

kepada Ibu Henny yang mengaku sebagai pemilik :

INTACS COMPUTER

Ruko Sentra Niaga 3 Timur Blok A3-41

Bulevar Hijau - Harapan Indah - Bekasi

Tlp 88972250

 

dan kepada DEKA sang sales yang menghandle gue.

 

Please ya, belajarlah berkomunikasi YANG BAIK dengan COSTUMER anda.

gue juga di sini bekerja di bidang jasa yang setiap hari berurusan dengan BERBAGAI MACAM CUSTOMER, tetapi saya selalu menghormati CUSTOMER saya.


===

Tanggapan :

Seharusnya pemilik toko yang ikut meramaikan kegiatan pameran di Metropolitan Mall Bekasi, dapat bersikap jujur dan terbuka, dengan tidak membohongi customer yang membeli produk dari toko mereka, karena yang mereka lakukan, telah merugikan pihak pembeli produk baru (dalam hal ini IRA, pacar saya), namun kenyataannya, pemilik toko justru memberikan produk yang telah dipergunakan sebelumnya.

Jelas, apa yang mereka lakukan, bukanlah tindakan yang patut dicontoh oleh banyak usahawan di mana pun mereka berada.

Apakah mereka tidak tahu, kalau pihak konsumen mempunyai hak untuk mengecek kondisi dan kelengkapan barang yang diterimanya pada saat serah terima barang?

Saya tidak tahu, apakah banyak toko yang menerapkan prinsip usaha yang sama atau tidak.

Akan tetapi, sungguh sangat disayangkan, apabila banyak usahawan di negeri ini menerapkan prinsip dagang yang sama, karena sesungguhnya, tindakan semacam itu, telah mencoreng nama baik usaha mereka sendiri, yaitu dengan memperdagangkan produk tidak baru namun harus dibayarkan senilai harga barang baru.

Dunia usaha kita tidak akan berkembang dan diminati investor asing, apabila masih banyak pengusaha atau usahawan kita yang masih menerapkan prinsip usaha yang tidak jujur, seperti yang dialami oleh kekasih hati saya, Ira.

Tulisan Ira diatas, merupakan sebuah ungkapan kekecewaan atas sikap tidak profesional dan jujur dari pihak yang seharusnya mendapat berkat, namun ternyata mereka justru berusaha untuk berlaku tidak simpatik kepada customernya.

Mudah-mudahan, apa yang dialami Ira, menjadi bahan pelajaran bagi kita semua, yaitu dengan mengecek kelengkapan dan kondisi produk barang yang kita beli, apakah sesuai dengan spesifikasi pada tahap awal pembelian barang.

Semoga hal semacam ini tidak terulang dan tidak dilakukan oleh rekan-rekan sekalian.

Salam saya,


.Sarlen Julfree Manurung

Labels: | edit post
5 Responses
  1. ampun dech hari gini masih aja ngibulin orang...... si pemilik dan salesnya DIBERKATI TUHAN YESUS... biar jujur dalam melayani customer lain.

    jadi pelajaran buat kita juga

    thx utk postingannya, bang juga ka ira.



  2. Duh, aku yg bacanya ikut marah juga. Ga profesional banget ya mereka. Sabar ya... utk dapetin laptop barunya Ra....


  3. saran saya sih, kalau mau beli barang yang kita tidak tau secara detail spec dan apa saja yang berhubungan dengan barang itu, kalo boleh ajaklah orang yang 'ahli' minimal untuk ikut memberikan pertimbangan.

    Sepertio sekarang ini, ada beberapa orang teman dari adek ipar saya yang lagi kuliah di STIS jakarta, mereka belum kenal muka dengan saya juga sebaliknya. Cuman karena si adek merekomendasikan saya untuk meng-advise- mereka sebelum membeli laptop, jadilah saya acuan mereka. Apa yang aku saranin mereka oke aja, tinggal saya minta mereka pengenya spec-nya seperti apa.
    Orang awam banyak yang tak paham apa itu memori, core or not core, core 2 or core2 duo, vista premium, vista home....yang sedikit perbedaan bisa menyebabkan harga barang sangat berbeda jauh....

    orang batak galak-galak yah


  4. Pembelian laptop oleh Ira waktu itu sudah didasarkan pada spesifikasi harga jual barang yang ada didalam brosur. Barang dikirimkan melalui kurir setelah aplikasi kredit di ACC oleh pihak leasing Adira.

    Pada saat menerimanya, meskipun tidak mendetail, saya sudah melakukan pengecekkan. Ketika saya melakukan pengecekkan, disaat yang bersamaan, Ira berkomunikasi dengan saya dan sang kurir by phone untuk memastikan apakah spesifikasi barang yang di laptop, sesuai dengan perjanjian akad kredit.

    Ketika adik saya tiba, saya meminta adik saya untuk mengecek ulang bagaimana isi dari laptop tersebut. Disinilah baru ketahuan kalau laptop yang diberikan pada Ira, bukan produk baru namun sudah pernah dipakai karena didalamnya terdapat puluhan lagu MP3 dan foto.


Post a Comment