My Mind
Sebuah Kebetulan Bisa Menjadi Bahan Pelajaran


Bisa dibilang, banyak peristiwa yang terjadi dalam 2 minggu belakangan ini, terjadi secara kebetulan... Entah itu memang sudah direncanakan atau tidak, aku gak tahu...

Setelah beberapa lama statusnya hanya menjadi tersangka, Gubernur Bank Indonesia yang masih menjabat hingga bulan Mei, Burhanudding Abdullah, secara resmi ditahan jam 15.00 oleh KPK. Dalam waktu yang berdekatan, Bapak Prof. Budiono secara resmi diterima sebagai Gubernur BI pengganti Burhanuddin Abdullah.

Kemarin lusa, kira-kira jam 02.00 pagi, anggota DPR Al Amin Nasution ditahan KPK karena disangka telah menerima suap untuk suatu proyek di suatu wilayah di Propinsi Kepulauan Riau. Padahal, pada siang atau pagi harinya, Ketua Dewan Kehormatan DPR, menarik kembali niatnya (yang sudah disampaikan kepada Pimpinan DPR) untuk menuntut secara hukum group band SLANK karena beberapa lagu mereka (yang telah beredar sejak tahun 2004), dianggap menghina kredibilitas anggota DPR yang terhormat.

Saat memberikan pengarahan pada para Bupati di Lemhanas, secara kebetulan Bapak Presiden SBY menangkap basah beberapa Bupati yang tertidur saat Beliau memberikan pengarahan. Entah siapa Bupati yang ditegur Presiden itu (karena memang tidak disorot kamera televisi siapa orangnya), tapi, gak lama setelah teguran itu datang, penyanyi Franky Sahilatua menyanyikan lagu baru yang sifatnya menegur kendali pemerintahan yang sering tertidur saat sudah menjadi pemimpin.

Gak lama dari peredaran film Fitna di banyak situs internet, pemerintahan melalui Menteri Komunikasi dan Informasi, Mohamad Nuh, menutup beberapa situs tersebut karena Presiden sebagai kepala pemerintahan telah menetapkan kalau film tersebut dilarang. Aku sempat deg-degan juga, tapi ternyata multiply aku ini gak kena dampak penutupan. Ternyata sejumlah teman dengan baik hati mau menyampaikan bagaimana cara-cara untuk masuk ke situs yang ditutup pemerintah itu.

Dalam alur cerita yang berbeda, secara kebetulan, beberapa hari ini kondisi kesehatan aku  agak drop. Aku gak menyangka bisa sakit. Bahkan aku sempat membuat analisa karena ini ulah seseorang yang ingin "mengerjai" aku. Tapi, Tuhan kasih tau aku lewat tulisan seorang teman di multiply ini bahwa pikiran aku itu salah. Dan setelah datang ke dokter tadi pagi, aku semakin sadar kalau aku sakit karena kecapean dan terlalu sering begadang beberapa waktu belakangan ini.


Aku gak tahu apakah unsur kebetulan diatas berkaitan atau tidak. Tapi buat aku, sebuah kejadian bisa jadi pengalaman berharga untuk kita cermati, yaitu kita hidup didalam komunitas masyarakat yang sesungguhnya saling mengingatkan dan menjaga.

Langsung atau tidak langsung, dari sebuah pola kebetulan itu, kita bisa belajar untuk mendewasakan diri kita sehingga dari ragam peristiwa yang kita temui, bisa membuat kita mawas diri, dan seharusnya kita sadar :
1. bahwa sebuah peristiwa bisa mengilhami adanya sebuah peristiwa baru,
2. bahwa sesuatu yang kita perbuat sebaiknya kita pikirkan baik-baik terlebih dahulu,
3. bahwa berperasangka buruk tanpa menilik diri serta kehidupan kita sendiri adalah sesuatu hal yang sebaiknya segera kita koreksi, dan
4. bahwa banyak hal-hal baik yang bisa kita petik dari setiap peristiwa yang sesungguhnya merupakan pelajaran berguna bagi kehidupan kita.


Belajarlah dari kehidupan agar kamu tahu bagaimana menjalani kehidupan itu...
4 Responses
  1. Esther LS Says:

    Hayaa....emang sekarang lagi musim sakit Bro, terutama masalah ISPA. Banyak orang kena wabah, termasuk aku sendiri. Dalam musim seperti skarang ini paling aman tetap jaga stamina.


  2. Betul tuh, nasehat yang bijaksana sekali. Selain kecapean, aku juga kena radang tenggorokan. Mungkin karena kelelahan, penyakit mudah menyerang. Tetap jaga kesehatan...


  3. Birru Sadhu Says:

    Semua peristiwa kebetulan dalam kehidupan kita bukan kebetulan yg sekedar kebetulan. Semua sudah menjadi rencanaNYA. Tinggal kita yang mesti punya kesadaran untuk membaca 'sign'Nya dan mencermatinya sebagai pembelajaran hidup untuk memperbaiki kualitas diri kita.


  4. stuju...bahkan saya tidak percaya dengan kebetulan..


Post a Comment