My Mind

HIDUP SUKSES SEBAGAI ANAK BAND


Sepanjang tahun 2007 hingga pertengahan tahun 2008 ini, telinga masyarakat pecinta musik Indonesia semakin dimanjakan oleh kehadiran lagu-lagu bernuansa baru, yang dibawakan oleh grup-grup band baru, dengan karakter dan konsep musik yang berakar dari kentalnya sikap serta semangat berkreasi dari anak-anak muda.

Minat generasi muda bangsa untuk membentuk grup band, dari tahun ke tahun, terus mengalami peningkatan. Dalam 2 tahun terakhir, ada lebih dari 2100 grup band baru telah terbentuk di seluruh Indonesia.

Band-band baru tersebut mengusung aliran-aliran musik hardcore, slow rock, rock alternatif, reggae, jazz, pop, pop alternatif, dan pop kreatif.

Terbentuknya suatu grup band, cenderung bermula dari adanya kesamaan minat serta rasa kecintaan sekelompok anak muda yang terikat tali pertemanan, pada suatu aliran musik tertentu. Namun ada juga sejumlah grup band baru lain yang terbentuk setelah melalui proses pencarian bakat pada suatu event musik.

Adanya kesamaan minat serta kecintaan pada musik, membuahkan sikap kreatif dari para personel band yang baru terbentuk untuk menciptakan lagu dan aransemen musik yang sesuai dengan aliran musik yang mereka usung.

Tidak sedikit dari lagu-lagu yang dibuat oleh personel grup band-grup band baru itu, yang kemudian dicoba untuk ditawarkan pada industri rekaman. Penawaran hasil karya cipta mereka tersebut, dilakukan sebagai upaya untuk mencari popularitas atau menjadikan kehidupan bermusik sebagai sebuah sumber penghasilan. 

Meskipun demikian, tidak sedikit pula dari grup band-grup band baru tersebut yang dibentuk hanya untuk menyalurkan bakat mereka dalam bermusik, dan bukan untuk mencari popularitas.

Kreativitas anak-anak muda yang membentuk grup band ini, memang hanya sebagian kecil saja yang berhasil mencapai tangga popularitas karena industri rekaman bersedia untuk memproduksi karya mereka secara massal dalam bentuk kaset atau CD.

Memang tidak secara otomatis, grup band-grup band yang baru pertama kali masuk dapur rekaman, langsung meraih popularitas. Sejumlah grup band yang telah berhasil masuk dapur rekaman, tingkat popularitas nama grup band mereka hanyalah sebatas : dikenal namun tidak terlalu terkenal.

Grup band yang langsung menggapai popularitas meskipun baru mengeluarkan album untuk pertama kalinya, jumlahnya juga tidak sedikit. Semua itu bisa langsung mereka peroleh karena pasar menerima dengan baik lagu-lagu yang mereka bawakan dalam album kaset atau CD mereka.

Bisa dibilang, para pendengar dan pencinta musik inilah yang menjadi penilai, apakah lagu karya cipta mereka bisa segera mencapai puncak tangga popularitas atau tidak.

Mempertahankan popularitas, tidaklah mudah. Pada prinsipnya, kreativitas harus terus dipacu, sehingga popularitas yang telah diperoleh grup band-grup band baru tersebut, tidak mudah tenggelam ditelan waktu.

Oleh sebab itu, semenjak mengeluarkan album rekaman kaset atau CD, sebuah grup band baru sebaiknya telah memiliki suatu tim manajemen bang yang bekerja untuk mengelola kegiatan grup band secara profesional.

Adanya suatu sistem manajemen band yang dijalankan secara profesional, membuat sejumlah grup band yang tergolong baru tersebut, dapat melakukan kegiatan promosi album, mendistribusikan kaset, menjaga kedekatan emosional grup band dengan para penggemar, atau mengatur jadwal pentas, baik secara on air atau secara off air.

Beberapa grup band yang tergolong baru namun pada saat ini telah mencapai tangga popularitas, diantaranya : Andra and The Back Bone, Samsons, Kangen Band, ST-12, Vagetoz, Angkasa, D’Masiv, Wali, dan lain sebagainya. Adapun lagu-lagu karya cipta mereka, membawa warna baru pada khazanah industri musik di Indonesia.

Mereka merupakan bagian dari grup band-grup band baru yang berhasil populer dan dikenal masyarakat luas, dimana lagu karya-karya mereka menciptakan pasar industri musik semakin semarak, bergairah, dan terus berkembang.

Lagu-lagu yang mereka bawakan, cenderung tidak lagi anti kemapaman, namun sudah dibawah pengaruh industri musik yang aktif mencari berbagai karya cipta lagu, yang dapat diterima di pasaran pembeli karya cipta lagu.

Kuatnya pengaruh industri musik, membuat grup band-grup band baru tersebut, harus bisa berkreasi serta menghadirkan karya cipta lagu yang memiliki daya jual. Mungkin kondisi ini cukup mempengaruhi kebebasan mereka dalam berkreasi.

Besarnya pangsa pasar industri musik di Indonesia, membuat kegiatan produksi kaset serta CD dari para grup band, tidak hanya dilakukan dengan memanfaatkan sejumlah industri rekaman yang telah memiliki nama besar, jalur distribusi skala nasional, dan sistem manajemen promosi yang sudah solid.

Upaya untuk memasarkan album rekaman yang berisikan lagu-lagu karya cipta para personel band, bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan konsep pemasaran secara indie label, yaitu konsep kegiatan perekaman, produksi dan pemasaran kaset atau CD secara personal.

Jalur indie label memang merupakan salah satu cara untuk membuat album rekaman sendiri dalam jumlah produksi yang terbatas lalu mempromosikannya sendiri karena keterbatasan modal apabila ingin memproduksi kaset atau CD album rekaman dalam jumlah besar. 

Meskipun jumlah produksi kaset atau CD terbatas, dan hanya diedarkan pada wilayah yang terbatas pula, akan tetapi itu tidak menutup kemungkinan, karya cipta mereka dapat di lirik atau menarik perhatian produser musik, yang sedang mencari grup-grup band baru dengan karya-karya cipta lagu yang bisa dipopulerkan.

Beberapa grup band yang pada saat ini sudah terkenal dan telah memiliki penggemar fanatik, memanfaatkan konsep produksi kaset atau CD secara indie label, pada saat mereka merintis peluncuran album pertama grup band mereka.

Grup band Padi, Cokelat, PAS Band (skala nasional), Metallica, Oasis, dan Nirvana (grup band mancanegara yang sudah terkenal), merupakan contoh beberapa nama dari grup band yang mengawali kegiatan rekaman pertama mereka dengan menggunakan jalur indie label.

Dengan kata lain, memproduksi kaset ataupun CD yang berisikan karya cipta musik sendiri dengan menggunakan indie label, bisa dijadikan batu loncatan untuk meraih kesuksesan dibidang musik, terutama kalau album indie label mereka akhirnya dapat menarik minat produser musik untuk mengikat kerjasama grup band untuk produksi kaset atau CD album secara massal.

Setidaknya, jalur produksi dan pemasaran secara indie label, dapat memenuhi suatu ungkapan yang menyatakan : "dimana ada kemauan, di situ ada jalan."

Jadi tidaklah salah kalau dikatakan, selain bersifat hobby, bermain musik dalam suatu band, dapat dijadikan sumber penghasilan yang cukup menjanjikan.

Langsung atau tidak langsung, popularitas dari sejumlah grup-grup band yang telah lama merajai pasar industri musik serta penjualan kaset di tanah air, merupakan salah lokomotif penggerak bermunculannya generasi muda bangsa yang ingin mengambil jalur musik sebagai jalan kehidupan mereka.

Industri musik memang membawa magnet positif bagi kehidupan orang-orang yang ingin bertekun dalam kegiatan bermusik. Apresiasi besar yang diberikan para pencinta musik tanah air, lebih membuka peluang pada para musisi yang tergabung dalam grup band, untuk dapat hidup lebih sejahtera.

Pandangan masyarakat pada kehidupan anak-anak band, tidak lagi terpaku pada citra negatif karena maraknya penggunaan narkoba di kalangan anak-anak band. Perubahan cara pandang ini terjadi karena sudah semakin banyak anak-anak band tanah air yang mengerti dan menyadari kalau penggunaan narkoba, dapat mempercepat kehancuran karir dari grup band mereka. 

Jadi, membangun adanya sebuah harapan dan kehidupan baru dengan kualitas hidup yang lebih baik, dapat dijalani dengan hidup sebagai musisi atau ikut bergabung pada suatu grup band. 

Awalnya mungkin baru sebatas mimpi. Namun sebuah keberhasilan yang dilandasi oleh ketekunan dan besarnya keinginan untuk hidup maju atau memperbaiki kualitas hidup, dapat pula diupayakan dengan cara membentuk grup band serta dilanjutkan membuat album rekaman.

Kangen Band merupakan salah satu contoh nyata kalau kreativitas yang dibangun dan dijalani sebagai anak band, memang dapat merubah alur kehidupan sekelompok anak muda yang bersemangat untuk maju dengan cara yang benar.

Peluang yang mereka dapat, mereka manfaatkan untuk memperbaiki jalan kehidupan, hidup berkecukupan materi, terkenal serta menjadi publik figure. Mereka menyikapi kesempatan yang mereka peroleh dengan memacu kreativitas diri untuk menghasilkan lagu-lagu yang dapat diterima masyarakat pencinta lagu.

Oleh karena itu dapat dikatakan, kalau para industri musik dan para pencinta musik di Indonesia, cenderung tidak lagi terpaku pada wajah ganteng serta suara bagus semata dari vokalis suatu grup band, namun sudah mengarah pada penerimaan sebuah karya sebagai sesuatu hal yang patut dihargai.

Meskipun latar belakang kehidupan para personelnya adalah pedagang atau bekerja secara serabutan, namun para personel Kangen Band memanfaatkan secara maksimal kesempatan yang mereka peroleh, untuk dijadikan sumber penghasilan yang sangat menjanjikan dan dapat merubah peruntungan mereka selama ini.

Tak dapat dipungkiri kalau industri musik masa kini, memang menjanjikan perubahan kualitas hidup, apabila para personel dari suatu grup band, mampu menciptakan karya cipta lagu yang dapat dinikmati dan disukai masyarakat, khususnya oleh para pecinta serta pendengar musik.

Masyarakat pencinta musik dapat menghadirkan suatu perbaikan kualitas kehidupan para personel grup band, terutama apabila minat serta bakat mereka dalam bermusik, serius mereka jalani, karena karir sebagai musisi, tidak menutup kemungkinan untuk hidup sejahtera.

Para orang tua dan juga pemimpin bangsa ini, seharusnya memberikan kesempatan serta ruang yang lebih leluasan pada generasi muda bangsa, untuk menyalurkan bakat dan kemampuan bermusik mereka, sehingga mereka dapat menjalani kegiatan positif, terutama dalam mengungkapkan ekspresi berkesenian mereka.

Bagaimanapun, kesuksesan yang diraih oleh sejumlah grup band yang pada saat ini telah memiliki nama besar, merupakan salah satu motivator penggerak utama, untuk menciptakan generasi muda yang kreatif serta dapat menjalani kehidupan yang lebih baik sebagai seorang musisi apabila dilakukan dengan serius.

Semua orang ingin hidup maju. Semua orang ingin merasakan keberhasilan pada alur kehidupan. Tidak terkecuali, generasi muda bangsa yang memiliki bakat atau minat untuk menjalani hidup mereka dengan berkarir sebagai musisi.

Keberhasilan di bidang musik dapat dicapai apabila setiap orang yang menginginkan perubahan jalan kehidupan dengan cara bermain musik, bersikap kreatif, tidak mudah menyerah dengan keadaan, menjaga sikap serta perilaku, dan juga tahu bahwa sebuah kerja keras, pada akhirnya akan membawa hasil seperti yang diinginkan.

Hidup sukses dan sejahtera dengan menjadi anak band, bukanlah sesuatu hal yang mustahil...

 

.Sarlen Julfree Manurung

Labels: | edit post
7 Responses
  1. Vonny Ablett Says:

    Everything is possible at the end :)

    Asalkan disertai dengan kerja keras dan niat yang baik!



  2. Green Stones Says:

    Ass...kalau diijinkan kira2 lagu2ku oke banget gak ya...aku mo curhat nh...seminggu sebelum lebaran aku nyebar 100 cd gratis (tapi hanya bs dibuka pake komputer)..aku nyebar di salah satu mall.sialnya aku ditangkap satpam,la jelas karena aku gak punya ijin nyebar di mall,mana panas lagi...udah gitu haus...untung aja CDku gak disita,tapi cuma diambil 3 CD buat satpam,gak jelas buat apaan. Terpaksa aku ngurus ijin ke manajer kegiatan di mall itu. Keluar uang lagi buat ngurus ijin, setelah ijin keluar, aku nyebar deh CD gratisku (15 lagu), gw cantumin nama fsku sama my spacenya di CD itu. Cuma sampe sekarang gak ada satupun yang komentar atau mampir ke situsku...Huh ternyata kota Depok gak begitu antusias dgn yg namanya musik Indie,pas aku nyebar CD gratis, banyak yg nolak lagi,dikira bayar emang, gratis aja nolak apalagi bayar...ooohhhhh malangnya nasibku...Sekarang aku males nyebar CD...udah gak semangat,padahal aku bela2in buat nyewa studio buat ngerekam lagu pas libur sekolah bulan juli 2008....malangnya nasibku.... hik...hik...hik....


  3. pertama, jangan patah semangat...!!!

    proses kerja indie sebaiknya dimulai dengan kegiatan penjualan kaset or CD mengandalkan teman-teman, orang-orang terdekat, tetangga, teman sekolah adik atau kakak, dll terlebih dahulu. bisa juga promo lewat internet, caranya sama, dengan mengandalkan friendlist yang ada di FS atau myspace kamu.

    kalo lewat internet, promonya juga gratis, teman kamu harus bisa mendengarkan lagu-lagu karya kamu setiap mereka buka FS atau myspace kamu.

    natural saja, jangan langsung promo di mall. coba jualan di sekolahan atau kampus-kampus.

    note : jangan langsung bagikan secara gratis... tapi jual murah-meriah. sebab kalau langsung gratis, nanti bisa menimbulkan anggapan orang lain, lagu kamu kacangan. kamu juga harus cari provit toh?

    kedua : coba ikut event lomba band. disana, kamu promosikan langsung lagu kamu dengan membiarkan para penonton mendengar karya kalian. diarena event, kamu juga bisa langsung jual itu kaset or CD band kamu, dengan catatan, murah-meriah, kalau bisa, gak lebih dari 20 ribu.

    ketiga : banyak-banyaklah pergaulan. media internet banyak komunitas atau groups atau milis yang memang sengaja dibuat untuk promo indie band. coba cari di internet, pasti ada. disana, kamu bisa promo atau sekalian tukar pengalaman sama yang sudah jadi member.

    ikut kegiatan seperti itu, ada manfaatnya lhoooo...

    keempat : usahakan band kamu punya gaya musik tersendiri. why? karena dunia musik itu sama dengan dunia kerja, kamu seperti butir-butir garam di tengah lautan. kalau kamu punya gaya sendiri, likes cangcuter, kamu pasti dilirik para pendengar musik tanah air.

    semoga sukses yaaa... jangan menyerah kalau memang kamu berniat atau keinginan untuk jadi anak band yang dikenal masyarakat luas. banyak-banyak berdoa.... dan jangan lupa juga, minta restu sama orang tua. doa orang tua, membangkitkan semangat anak untuk sukses.

    keep on smiling face... keep on track bro/sis


    .Sarlen Julfree Manurung


  4. Didi aja Says:

    Artikelnya ganteng, gue taruh di www.bengkelmusik.com ya biar teman teman bisa komentar, nanti gue taruh address eloe disana. Biar kalau ada yg mau tahu lebih lanjut bisa langsung visit ke sini, thanks


  5. Thanks Bro. Semoga tulisan saya dapat memotivasi banyak musisi muda Indonesia yang ingin berkarir di jalur musik dan menjadikan musik sebagai tempat meraih kesuksesan.


  6. Sukses tidak bisa diraih hanya satu malam, tapi perlu proses puluhan bahkan ratusan kali, sehingga proses akan terbayarkan dengan kesuksesan. Tetap semangaat! kita semua pasti bisa!


Post a Comment