My Mind

BICARA TENTANG SUSU  2


Kehebohan melanda dunia, ketika ditemukan puluhan ribu anak-anak usia balita di China, mengalami sakit gangguan ginjal setelah mereka mengkonsumsi susu formula yang mengandung bahan senyawa organik berbahaya, melamin.

Adanya kandungan melamin dari sejumlah produk susu formula atau makanan ringan yang berasal dari China, berasal dari upaya oknum produsen susu untuk mengelabuhi pengecekan yang dilakukan untuk mengetahui besaran kandungan protein susu pada saat pengoplosan susu dengan air.

Tindakan penambahan melamin pada susu yang sedang dioplos dengan air tersebut, dilakukan untuk menaikkan kembali besaran kandungan protein susu yang turun pada saat dioplos, agar seolah-olah masih dalam batasan normal.

Padahal, Codex Alimentarius Commission, badan tertinggi keamanan pangan dunia, dan badan pengawasan makanan di seluruh dunia, telah menetapkan untuk melarang adanya penambahan melamin pada bahan makanan apapun.

Makanan yang mengandung melamin, akan menimbulkan batu ginjal karena melamin sulit untuk dimetabolisme tubuh. Apabila terus dikomsumsi, maka akan menyebabkan kematian, karena semakin besar kandungan melamin dalam tubuh dapat menyebabkan kegagalan fungsi ginjal.

Berbagai merk susu atau makanan ringan yang di import dari China, langsung dicekal dan dilarang beredar di banyak negara, tidak terkecuali di Indonesia. Ada lebih dari 20 produk susu serta makanan ringan yang di import dari China, segera ditarik dari peredaran oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Sejumlah produk susu formula dan makanan ringan yang ditarik dari pasaran tersebut, merupakan produk susu serta makanan yang digemari, tidak hanya oleh anak-anak, namun juga oleh seluruh kalangan.

Daya rusak yang disebabkan penggunaan melamin, membuat para orang tua resah dan berusaha untuk memperketat pembelian asupan makanan yang akan diberikan kepada anak-anak mereka.

Langkah pengawasan ketat memang patut dilakukan para orang tua pada kebiasaan jajan anak-anak mereka, mengingat besarnya bahaya apabila mengkonsumsi produk susu atau makanan yang mengandung melamin.

Tindakan pencegahan dan pengawasan perlu dilakukan, mengingat puluhan ribu anak usia balita di China serta Hongkong, harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit karena telah mengkonsumsi produk susu atau makanan yang mengandung bahan senyawa organik berbahaya, melamin.

Sebuah kelalaian dapat membawa derita. Sebelum segala sesuatunya menjadi buruk, seluruh anggota masyarakat memang harus mewaspadai peredaran susu formula dan produk makanan lain yang telah tercemar melamin tersebut.

Labels: | edit post
0 Responses

Post a Comment