My Mind
Banyak hal yang dapat ditemui dalam sketsa kehidupan apabila setiap individu manusia menempatkan kepercayaan sebagai pandu dalam membuat sebuah keputusan, khususnya sebuah keputusan yang menentukan adanya sebuah kemajuan, seperti halnya kemajuan karir orang lain.

Kepercayaan tidak muncul dengan sendirinya, namun dengan dilandasi oleh adanya dua faktor penting : adanya kecenderungan untuk dapat mempercayai (propensity to trust) dan adanya proses analisis untuk dapat menentukan besaran nilai kepercayaan.

Pada dasarnya, dalam memberikan kepercayaan kepada orang lain, seseorang membutuhkan adanya "keyakinan" teramat kuat, dimana keyakinan itu, semakin memperteguh berbagai bentuk pertimbangan yang telah diambil, sehingga dalam mengambil keputusan, segala sesuatunya telah dilandasi oleh dasar pertimbangan serta penilaian (argumentasi, alasan) yang kuat pula.

Namun, itu bukan berarti, nilai-nilai keyakinan yang telah mengemuka dari dalam hati dan telah menjadi bagian dari dasar pengambilan keputusan untuk memberikan kepercayaan kepada orang lain, bersifat permanen serta tidak tergoyahkan. Tidak ada yang bisa menjamin 100 % kedalaman hati seseorang.

Seharusnya, nilai dari sebuah keyakinan adalah kondisi absolute yang mengemuka dalam diri seseorang kaena memegang teguh prinsip-prinsip yang dipercaya mengandung nilai-nilai benar. Akan tetapi nilai keyakinan itu dapat berubah apabila seketika apabila ada hal-hal lain yang kembali dipertimbangkan.


Kepercayaan Kepada Anas Urbaningrum

Anas Urbaningrum baru saja terpilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2010 - 2015 dalam Kongres II Partai Demokrat yang diadakan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Bisa dikatakan, keberhasilan Anas Urbaningrum diraih berkat kemampuan dan kerja keras para anggota tim suksesnya untuk dapat meyakinkan sebagian besar peserta Kongres II Partai Demokrat, bahwa Anas Urbaningrum merupakan sosok yang tepat untuk diangkat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2010 - 2015.

Usia Anas Urbaningrum memang lebih muda apabila dibandingkan dengan Marzuki Alie dan Andi Mallarangeng. Namun ternyata, faktor usia tidak menjadi pertimbangan. Demikian pula dengan dukungan dari anak Ketua Pembina Partai dan besarnya kekuatan dana yang dipakai untuk menyokong kegiatan kampanye dari salah seorang kandidat calon Ketua Umum.

Penampilan Anas Urbaningrum yang bersahaja dan tenang, serta didukung dengan catatan karir politik yang baik, ternyata lebih menggugah hati dari sebagian peserta Kongres II Partai Demokrat, hingga akhirnya memilih Anas Urbaningrum untuk diangkat sebagai pemimpin Partai Demokrat.

Ranah persaingan memang menuntut adanya upaya untuk meyakinkan sejumlah besar orang agar bersedia untuk memberikan kepercayaan. Nampaknya, kepercayaan itu dapat diperoleh, meskipun Anas Urbaningrum harus berhadapan dengan para seniornya, yaitu Marzuki Alie dan Andi Mallarangeng..


Kepercayaan Kepada Individu dari Organisasi Internasional

Sri Mulyani Indrawati, telah diminta kesediaannya oleh Gubernur Bank Dunia untuk mengisi salah satu posisi Managing Director di World Bank yang sedang lowong.

Pemilihan Sri Mulyani oleh Bank Dunia untuk dapat menduduki salah satu jabatan di lembaga keuangan dunia tersebut, didasari oleh adanya penilaian baiknya kemampuan dan reputasi yang telah ditunjukkan Sri Mulyani selama menduduki jabatan sebagai Menteri Keuangan RI, maupun saat menduduki jabatan penting lainnya, baik di pemerintahan atau di lembaga keuangan dunia lainnya.

Besarnya nilai kepercayaan Bank Dunia atas kemampuan dan reputasi Sri Mulyani didapatkan setelah melihat bagaimana keberhasilan Sri Mulyani untuk melepaskan Indonesia dari krisis ekonomi global, dan memperbaiki kinerja pasar modal, menindak perilaku korup para karyawan dalam lingkup departemen yang dipimpinnya, dan menstabilkan nilai tukar mata uang rupiah.

Semua keberhasilan serta pencapaian yang dihadirkan Sri Mulyani selama memegang jabatan sebagai Menteri Keuangan RI tersebut, menjadi bahan pertimbangan dan penilaian Bank Dunia untuk meminta Sri Mulyani agar dapat bergabung dengan Bank Dunia.

Terhitung mulai tanggal 1 Juni 2010, Sri Mulyani sudah menempati pos-nya yang baru, yaitu sebagai salah seorang Managing Director Of World Bank.


Kepercayaan dalam Dunia Usaha

Nilai-nilai kepercayaan sangat dibutuhkan oleh pelaku-pelaku usaha. Dalam dunia usaha, menghadirkan kepercayaan kepada publik atau meyakinkan rekanan bisnis agar bersedia melakukan kerja sama usaha, merupakan sebuah prasyarat yang harus dihadirkan oleh para usahawan, dan merupakan kondisi yang harus dibangun serta terus dikembangkan semenjak awal aktifitas usaha dijalani.

Sebuah usaha dapat terus berkembang menjadi besar karena adanya kuatnya nilai-nilai kepercayaan yang diberikan oleh mitra-mitra usaha dan dari masyarakat sebagai konsumen pengguna jasa atau hasil produksi perusahaan.

Pierre Omidyar, seorang pria keturunan Iran yang lahir di Paris, Perancis, dan tinggal di Amerika Serikat, pada tanggal 4 September 1995 mendirikan perusahan perdagangan online melalui internet yang diberi nama EchoBay.com (kemudian dipatenkan dengan nama eBay.com).

Saat ini, jenis usaha perdagangan yang dilakukan secara online melalui internet, telah menjadi bagian dari kegiatan usaha yang menjanjikan.


Nilai Sebuah Kepercayaan

Pada dasarnya, butuh waktu lama untuk bisa menghadirkan kepercayaan. Seorang menteri nonkonformis Inggris (pada eranya), Isaac Watts (1674 - 1748) mengatakan : belajar untuk mempercayai orang lain merupakan salah satu pekerjaan yang paling sulit untuk dilakukan.

Ketika kepercayaan telah mengemuka, segala sesuatunya tinggal tergantung bagaimana kita menjaga nilai-nilai kepercayaan yang telah diberikan orang lain kepada kita karena hanya butuh satu kesalahan kecil untuk dapat mencabut kembali kepercayaan yang telah diberikan kepada kita.

Kepercayaan merupakan salah satu bentuk apresiasi tertinggi yang bisa diberikan orang lain kepada kita, khususnya dalam hal, memperlebar jalan kemajuan karir kita. Itulah sebabnya dikatakan, kepercayaan itu mahal harganya.

Anas Urbaningrum, Sri Mulyani, dan Pierre Omidyar sudah mendapatkannya. Karir dan usaha mereka terus menanjak ketika sebuah kepercayaan telah menghampiri diri mereka. Bagaimana dengan kamu?



.Sarlen Julfree Manurung
Labels: | edit post
0 Responses

Post a Comment